Minggu, 23 September 2012

Tips menghindari 'Jual Beli Online Palsu'



Kejahatan di dunia maya atau istilah yang biasa dikenal dengan Cyber Crime banyak terjadi di dunia. Salah satu topik yang menarik untuk dibahas yaitu mengenai sistem jual beli online yang dijadikan sebagai 'kedok' untuk melakukan kejahatan di dunia maya.

Berikut ini ada sebuah artikel mengenai kejahatan sistem jual beli 'online' yang diliput dari sebuah situs koran di Indonesia.

Mari kita simak artikel berikut ini...

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat selama 2011 telah terjadi pelanggaran di dunia maya sebanyak 176 kasus.

Sekretaris Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Djoko Agung Hariyadi, Kamis (16/2) mengatakan, kasus yang terdata itu beragam, mulai dari penipuan, pembobol sistem jaringan, dan kasus lainnya.

"Rata-rata kasus ini banyak di jejaring sosial dan terbanyak penipuan dengan sistem jual beli barang dalam jaringan atau 'online'. Uang sudah ditransfer, namun barang tidak dikirimkan, maupun serangan 'hacker' (peretas)," katanya.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Kediri, ia mengatakan, pihak-pihak yang mengadukan telah terjadi penipuan itu bukan hanya warga dalam negeri saja. Banyak juga dari luar negeri yang juga mengadu, seperti dari Malaysia, hingga negara-negara di Eropa.

Pihaknya menilai, adanya praktik penipuan itu lebih karena kurang teliti. Pembeli tidak melihat dengan pasti tentang usaha dan produk tersebut. Ia juga mengaku kesulitan untuk melacak kasus tersebut, sebab penjual yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menjual barang dagangannya itu tidak mendaftarkan usahanya di dinas maupun instasi pemerintah lainnya.

Untuk itu, ke depan jika ada bisnis jual beli 'online', pihaknya menganjurkan agar didaftarkan dulu ke instansi pemerintah maupun memberikan informasi ke Dirjen. "Dengan itu, sistem pengamanan bisa terpantau. Selama ini, jika ada yang mengadu, kami kesulitan melacak, karena kebanyakan dari mereka tidak dilengkapi pengaman, akhirnya banyak dimanfaatkan orang lain," ujarnya menegaskan.

Sistem jual beli online sudah marak dilakukan oleh pelaku usaha. Walaupun manfaatnya besar tetapi masih saja ada oknum yang menyalahgunakan hal tersebut. Berikut kita bahas mengenai keuntungan dan kelemahan dari sistem jual beli online.

Keuntungan menggunakan sistem jual beli online :
1. Tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha
2. Modalnya tidak banyak
3. Bisa transaksi di mana saja dan kapan saja
4. Bisa diantar langsung ke tempat pembeli
5. Dll

Kelemahan menggunakan sistem jual beli online :
1. Barang tidak bisa dilihat secara langsung
2. Sulit jika ingin menukar barang yang sudah dibeli ternyata ada cacat
3. Ada ongkos kirim barang
4. Dll

Tips menghindari sistem jual beli online 'PALSU' :
1. Pilih situs jual beli yang sudah dikenal dan memiliki izin usaha
2. Lihat profil pemilik situs jual belinya sebelum membeli
3. Lihat standar harga di pasaran, belum tentu harga murah kualitasnya baik,
bisa jadi harga lebih murah tetapi itu 'bisnis palsu' yang hanya menginginkan
keuntungan tetapi barang sebenarnya tidak nyata.
4. Intinya harus berani bertanya sebelum membeli

Mudah-mudahan artikel ini bisa membuka pikiran kita sebelum melakukan transaksi dengan sistem jual beli online...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar